Hukum Meminta Diruqyah

Para ulama berbeda pendapat menjadi dua golongan terkait hukum meminta diruqyah.

Pendapat Pertama : Boleh, Ini adalah pendapat Mayoritas Ulama, bahkan Ibnu Abdil Baar dan al-Azhari Rahimahumallahu menukil Ijma’ walaupun pada kenyataannya terjadi perbedaan pendapat disana.

Pendapat Kedua : Makruh, Ini adalah pendapat Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qoyyim Rahimahumallahu . Berdalil dengan hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma , Rasulullah Shalallahu alaihi Wassallam bersabda :

عرضت علي الأمم، فرأيت النبي معه الرهط، والنبي معه الرجل والرجلان، والنبي وليس معه أحد، إذ رفع لي سواد عظيم، فظننت أنهم أمتي، فقيل لي : هذا موسى وقومه، فنظرت فإذا سواد عظيم، فقيل لي : هذه أمتك، ومعهم سبعون ألفا يدخلون الجنة بغير حساب ولا عذاب، ثم نهض فدخل منزله، فحاض الناس في أولئك، فقال بعضهم : فلعلهم الذي صحبوا رسول الله ، وقال بعضهم : فلعلهم الذين ولدوا في الإسلام فلم يشركوا بالله شيئا، وذكروا أشياء، فخرج عليهم رسول الله أخبروه، فقال :” هم الذين لا يسترقون ولا يتطيرون ولا يكتوون وعلى ربهم يتوكلون ” فقام عكاشة بن محصن فقال : ادع الله أن يجعلنى منهم، فقال : أنت منهم، ثم قال رجل آخر فقال : ادع الله أن يجعلني منهم، فقال :” سبقتك عكاشة “.

“Telah diperlihatkan kepadaku beberapa umat, lalu aku melihat seorang Nabi, bersamanya sekelompok orang, dan seorang Nabi, bersamanya satu dan dua orang saja, dan Nabi yang lain lagi tanpa ada seorangpun yang menyertainya, tiba tiba diperlihatkan kepadaku sekelompok orang yang banyak jumlahnya, aku mengira bahwa mereka itu umatku, tetapi dikatakan kepadaku : bahwa mereka itu adalah Musa dan kaumnya, tiba tiba aku melihat lagi sekelompok orang yang lain yang jumlahnya sangat besar, maka dikatakan kepadaku : mereka itu adalah umatmu, dan bersama mereka ada Tujuh Puluh Ribu orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa disiksa lebih dahulu, kemudian beliau bangkit dan masuk ke dalam rumahnya, maka orang orang pun memperbincangkan tentang siapakah mereka itu ?, ada diantara mereka yang berkata : Barangkali mereka itu orang orang yang telah menyertai Nabi dalam hidupnya, dan ada lagi yang berkata : barang kali mereka itu orang orang yang dilahirkan dalam lingkungan Islam hingga tidak pernah menyekutukan Allah dengan sesuatupun, dan yang lainnya menyebutkan yang lain pula.
Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam keluar dan merekapun memberitahukan hal tersebut kepada beliau. Maka beliau bersabda : “Mereka itu adalah orang-orang yang tidak pernah minta Ruqyah, tidak melakukan tathoyyur (merasa sial dan ada pantangan terhadap sesuatu yang didengar atau dilihat.pent) dan tidak pernah meminta Kay (pengobatan dengan cara menempelkan besi pana ke tubuh. Pent), dan mereka pun bertawakkal kepada Rabb mereka, kemudian Ukasyah bin Muhshon berdiri dan berkata : mohonkanlah kepada Allah agar aku termasuk golongan mereka, kemudian Rasul bersabda : “Ya, engkau termasuk golongan mereka”, kemudian seseorang yang lain berdiri juga dan berkata : Mohonkanlah kepada Allah agar aku juga termasuk golongan mereka, Rasul menjawab : “Engkau sudah kedahuluan Ukasyah” (HR. Bukhori & Muslim)

ADAPUN FATWA PARA ULAMA MASA KINI ADALAH SEBAGAI BERIKUT  :

Fatwa Lembaga Tetap Pembahasan Ilmiyah dan Fatwa Saudi Arabia

Meminta diruqyah boleh, dan meninggalkannya lebih baik.

Fatwa tersebut :
السؤال الرابع من الفتوى رقم ( 20384 )
س :  متى يكون طلب الرقية والدعاء ممدوحين مطلوبين ؟
ج طلـب الـدعاء وطلـب الرقيـة مباحـان، وتركهمـا والاستغناء عن الناس وقيامه بهما لنفسه أحسن.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو
عضو
عضو
نائب الرئيس
الرئيس
بكر أبو زيد
صالح الفوزان
عبد الله بن غديان
عبد العزيز آل الشيخ
عبد العزيز بن عبد الله بن باز


Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullahu :

Tidak meminta diruqyah lebih utama, tetapi apabila ada kebutuhan maka tidak mengapa meminta diruqyah.

Fatwa Beliau :

سئل فضيلة الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله: هناك من يحتج بترك الأسباب بحديث السبعين ألفا الذين يدخلون الجنة بغير حساب ولا عذاب. فما هو الرد عليهم؟
فأجاب بقوله: هؤلاء السبعون ما تركوا الأسباب إنما تركوا شيئين وهما الاسترقاء والكي، والاسترقاء هو طلب الرقية من الناس.وهذا الحديث يدل على أن ترك الطلب أفضل وهكذا ترك الكي أفضل لكن عند الحاجة إليهما لا بأس بالاسترقاء والكي؛ لأن النبي عليه السلام أمر عائشة أن تسترقي من مرض أصابها وأمر أم أولاد جعفر بن أبي طالب رضي الله عنه وهي أسماء بنت عميس رضي الله عنها أن تسترقي لهم، فدل ذلك على أنه لا حرج في ذلك عند الحاجة إلى الاسترقاء، ولأنه صلى الله عليه وسلم قال: «الشفاء في ثلاث: كية نار أو شرطة محجم أو شربة عسل وما أحب أن أكتوي » وقد كوى عليه السلام بعض أصحابه لما دعت الحاجة إلى الكي، لأنه سبب مباح عند الحاجة إليه، والاسترقاء: طلب الرقية، أما إن رقي من دون سؤال فهو من الأسباب أيضا لا بأس به ولا كراهة في ذلك، وهكذا بقية الأسباب المباحة كالأدوية المباحة من إبر وحبوب وشراب وغير ذلك.
مجموع فتاوى ابن باز
25/118-119

Fatwa Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Rahimahullahu

Meminta diruqyah adalah Makruh

Fatwa Beliau :


وأما الإستقراء وهو طلب الرقية من الغير فهو وإن كان جائز فهو مكروه وكما يدل عليه الحديث {هم الذين لايسترقون ...ولايكتوون ولا يتطيرون وعلى ربهم يتوكلون .


السلسلة الصحيحة 1/844

Fatwa Syaikh Muhammad Sholih Al-Utsaimin Rahimahullahu

Yang tampak dari fatwa beliau, beliau berpendapat makruhnya meminta diruqyah. Wallahu A’lam .
Berikut Fatwa beliau ketika memberi penjelasan hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘ anhuma

(هُمُ الذين لا يستَرقُون) أي: لا يطلبون من أحد أن يقرأ عليهم إذا أصابهم شيء، لأنهم معتمدون على الله، ولأن الطلب فيه شيء من الذل، لأنه سؤال الغير، فرُبَّما تحرجه ولا يريد أن يقرأ، وربما إذا قرأ عليك لا يبرأ المرض فتتهمه، وما أشبه ذلك، لهذا قال لا يسترقون
Sumber : Disini

Fatwa Syaikh Sholih Al-Fauzan Hafidzhahullahu

Meninggalkan meminta diruqyah termasuk dari kesempurnaan tauhid, akan tetapi kalau ada kebutuhan maka tidak mengapa .
Silahkan dengarkan fatwa beliau disini 

Wallahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar