Dalam hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi
Wasallam berpesan kepada Mu'ad bin Jabal saat mengutusnya ke Yaman,
وَاتَّقِ
دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللَّهِ حِجَابٌ
"Dan takutlah doa orang terzalimi, karena tidak ada hijab
(penghalang) antara dia dengan Allah." (Muttafaq 'Alaih)
Dan satu pertanyaan yang sering timbul apabila membahas hadits ini
adalah, bagaimana apabila yang terdzolimi adalah orang kafir ?? apakah doanya
juga akan dikabulkan ??
Maka sebagian ulama berpendapat bahwa doa orang kafir yang terdzolimi
maka doanya akan dikabulkan, mereka berdalil dengan hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu
anhuma tersebut juga berdalil dengan firman Allah :
أَمَّنْ
يُجِيْبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْءَ
“Siapakah yang mengijabahi mengabulkan permintaan orang yang dalam
kesempitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan (siapakah) Dia yang menghilangkan
kejelekan?” (An-Naml: 62)
Dalam ayat ini Allah tidak membedakan antara orang beriman dengan orang
kafir, maka siapa saja yang sedang dalam kesempitan maka doanya akan
dikabulkan.
Begitu juga , mereka berdalil dengan Firman Allah :
فَإِذَا رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوْا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ
"Maka apabila mereka naik kapal mereka berdo'a kepada Allah
dengan memurnikan keta'atan kepada-Nya, maka tatkala Allah menyelamatkan mereka
sampai ke darat, tiba-tiba mereka [kembali] mempersekutukan [Allah]. "
(Al- Ankabut: 65)
Dan diantara ulama yang berpendapat bahwa doa orang kafir yang terdzolimi
terkabul adalah Syaikh Muhammad bin
Sholih Al-Utsaimin Rahimahullahu sebagaimana dalam fatwanya berikut
(maaf, belum sempat kami terjemahkan)
السؤال:
ما توجيهكم وفقكم الله إذا كان من المعلوم أن العمل لا يُقبل إلا إذا كان خالصاً
لله، موافقاً لسنة النبي صلى الله عليه وسلم، فما التوجيه في قوله تعالى: فَإِذَا
رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوْا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا
نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ [العنكبوت:65]؟
الجواب:
الدعاء عند الاضطرار يكون الإنسان فيه مخلصاً، والله عز وجل قال في كتابه: أَمَّنْ
يُجِيبُ الْمُضطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ
الأَرْضِ أَءِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلاً مَا تَذَكَّرُونَ [النمل:62] فإذا اضطر
الإنسان في أي حال من الأحوال إلى شيء ولو كان كافراً ودعا ربه، فإن الله يستجيب
دعاءه مهما كان. إذاً: نقول إن هؤلاء الذين إذا ركبوا في الفلك دعوا الله مخلصين
له الدين إنما يدعون الله تعالى في حال ضرورة، والله تعالى يجيب دعوة المضطر، كما
أنه يجيب دعوة المظلوم ولو كان كافراً. لو أنك ظلمت شخصاً وهو كافر فدعا عليك
استجاب الله دعاءه، وبهذه المناسبة نحذِّر الكفلاء الذين يظلمون العمال فلا
يعطونهم أجورهم؛ نحذرهم من دعوة العمال عليهم ولو كان العمال كفاراً، فإن الله
سبحانه وتعالى يستجيب دعاءهم، ودليل ذلك قول النبي صلى الله عليه وسلم: (واتق دعوة
المظلوم فإنه ليس بينها وبين الله حجاب) والدليل من العقل أن الله عز وجل حكم عدل
يكره الظلم، فإذا دعا المظلوم على ظالمه استجاب الله له، إقامة للعدل وأخذاً لصاحب
الحق بحقه، ولهذا نقول: دعاء المضطر مستجاب ولو كان من كافر، ودعاء المظلوم مستجاب
ولو كان من كافر أما التعبد لله بصلاة أو نحوها فهذه لا تقبل إلا بإخلاص وإسلام.
المرجع :
اللقاء الشهري - الشريط الخامس - الدقيقة 51-55
Begitu juga
Syaikh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullahu , dalam fatwanya mengatakan
bahwa doa orang kafir yang terdzolimi terangkat dan dijanjikan untuk
dikabulkan. Berikut fatwa beliau
السؤال:
(إن المؤمن
إذا دعا ربه قال الله سبحانه وتعالى: يا جبريل! خلِّ دعاءه عندي، والكافر إذا دعا قال:
يا جبريل اقضِ حاجته إني لا أحب أن أسمع صوته)، أجيبونا على هذا، جزاكم الله خيراً.
الجواب :
ما أعلم لهذا
الحديث أصلاً، فالذي يظهر لي أنه موضوع لا صحة له ولا أساس له، دعاء الكافر لا يُرفع
إلا أن يكون مظلوماً، فالمظلوم قد وعد بالإجابة، مثل ما قال النبي -صلى الله عليه وسلم-:
(واتقِ دعوة المظلوم فإنه ليس بينها وبين الله حجاب)، فالمقصود أن هذا الحديث الذي
سألت عنه وهو أن دعاء المؤمن يقول الله: اتركه عندي، ودعاء الكافر تقضى حاجته في الحال
فهذا لا أساس له
Sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/11596
Begitu juga Ibnu Taimiyah Rahimahullahu , beliau bahkan secara umum
berpendapat bahwa dimungkinkan doa orang
kafir dikabulkan, Berikut fatwa beliau :
قال
الإمام ابن تيمية رحمه الله تعالى: والخلق كلهم يسألون الله مؤمنهم وكافرهم، وقد
يجيب الله دعاء الكفار؛ فإن الكفار يسألون الله الرزق فيرزقهم ويسقيهم.[الفتاوى 1/
206(.
وقال
أيضا: وأما إجابة السائلين فعام؛ فإن الله يجيب دعوة المضطر ودعوة المظلوم وإن كان
كافرا.)الفتاوى:
1/223(
Akan tetapi sebagaimana dikatakan oleh Ibnul Qoyyim Rahimahullahu :
وقال ابن
القيم رحمه الله تعالى: فليس كل من أجاب الله دعاءه يكون راضياً عنه، ولا محباً
له، ولا راضياً بفعله؛ فإنه يجيب البر والفاجر، والمؤمن والكافر.)إغاثة
اللهفان: 1/215(
“Dan tidaklah semua yang doanya dikabulkan oleh Allah (menunjukkan) Allah
meridhoinya, Allah mencintainya dan meridhoi perbuatannya. Karena sesungguhnya
Allah mengabulkan doa orang baik dan (juga) doa orang Fajir (Jahat) dan Allah mengabulkan
doa Orang beriman dan (juga) doa orang kafir.” (Ighootsatul lahfaan 1/215)
Adapun hadits :
اتقوا
دعوة المظلوم وإن كان كافرا، فإنه ليس دونها حجاب
“Dan takutlah doa orang terdzalimi walaupun dia kafir, karena tidak
ada hijab (penghalang) antara dia dengan Allah"
Hadits ini Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Anas bin Malik Radhiyallahu
anhu , sebagian ulama melemahkan hadits ini dan Syaikh Muhammad Nashiruddin
Al-Albani menghukuminya sebagai hadits Hasan dalam Silsilah As-Shohihah 767
Wallahu a’lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar