Jenis-jenis Al-Qolam (Pena)

Pena atau Al-Qolam ada 4 jenis :


Pertama ,Pena takdir yang menuliskan takdir seluruh mahluk Allah, tidak terbatas hanya takdir manusia saja. Sebagaimana dalam hadits Ubadah bin Shamit Rhadiyallahu ‘anhu , beliau telah berkata : Aku telah mendengar Rasulullah Sholallahu alaihi wassalam berkata :


إن أول ما خلق الله القلم فقال اكتب قال رب وماذا أكتب قال اكتب مقادير كل شيء حتى تقوم الساعة


“Sesungguhnya yang pertama diciptakan Allah adalah Al-Qolam (pena), kemudian Allah berfirman kepada pena (tersebut) :”Tulislah “ maka pena menjawab “ Wahai Rabb dan apakah yang aku tulis ?” maka Allah berfirman “ tulislah takdir segala sesuatu hingga ditegakkannya hari kiamat “


(HR. Ahmad,Abu Dawud, Dishohihkan Al-Alammah Al-Albani dalam Syarh At-Thohawiyah Hal. 264 dan Oleh Al-alammah Al-Wadi’iy dalam Jami’us shohih fil Qodr Hal. 102-103. datang pula dari tiga sahabat lainnya)


Kedua, Pena yang diciptakan ketika diciptakannya Adam alaihi salam, pena ini khusus untuk takdir bani adam atau manusia


Ketiga, Pena ketika diutusnya malaikat ke dalam janin yang berada dalam perut seorang ibu, untuk menuliskan empat perkaranya . Sebagaimana dalam hadits Ibnu Mas’ud Rhadiyallahu ‘anhu.


بكتب رزقه، وأجله، وعمله، وشقيُّ أو سعيد


“Dengan dituliskan rezekinya, ajalnya, amalannya dan beruntung atau celakanya dia” (HR. Bukhari 3309 dan Muslim 2643)



Keempat : pena yang berada di tangan malaikat pencatat amalan yang mengikuti manusia semenjak dia baligh. Sebagaimana dikabarkan oleh Allah dalam firmanNya :


وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ (١٠) كِرَامًا كَاتِبِينَ (١١) يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ (١٢)


“Dan sesungguhnya atas kalian ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi amalan kalian. Yang mulia (di sisa Allah) dan yang mencatat (amalan-amalan) . mereka mengetahui apa yang kalian kerjakan” (QS. Al-Infitar : 10 -12)


Sumber : Syarah Aqidah At-Thahawiyah Ibnu Abil Iez dengan tahqiq Yasin Al-Adani Hafidhahullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar