Hukum Berobat Dengan Sesuatu Yang Haram

Terkait dengan Hukum berobat dengan sesuatu yang haram seperti Khamr, Daging Babi, dan semisalnya maka ada dua pendapat
Pendapat Pertama : Haram berobat dengan Khamr , Ini adalah pendapat Imam Malik, Imam Ahmad, Satu sisi dari Madzhab Asy-Syafiiyah, Juga pendapat Asy-Syinqithiy dan  Ibnu Baaz , Ibnu Utsaimin  Rahimahumullahu . Berdasarkan Sabda Rasulullah Shalallahu alaihi Wassallam :
إن الله لم يجعل شفاء أمتي فيما حرم عليهم
“Sesungguhnya Allah  tidak menjadikan kesembuhan umatku pada hal-hal yang diharamkan atas mereka(HR. Ibnu Hibban, Al-Baihaqi dari Ummu Salamah Radhiyallahu anha)
Dan juga datang dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu ucapan yang semisal hadits ini dengan sanad yang shohih sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hajar Rahimahullahu dalam At-Talkhisul Khobir (4/207)
Berdalil juga dengan hadits Wa’il Al-Hadromi Radhiyallahu anhu :


عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ اَبِيْهِ وَائِلٍ اْلحَضْرَمِيّ اَنَّ طَارِقَ بْنَ سُوَيْدٍ اْلجُعْفِيَّ سَأَلَ النَّبِيَّ ص عَنْ اْلخَمْرِ فَنَهَاهُ اَوْ كَرِهَ اَنْ يَصْنَعَهَا فَقَالَ: اِنَّمَا اَصْنَعُهَا لِلدَّوَاءِ. فَقَالَ: اِنَّهُ لَيْسَ بِدَوَاءٍ وَلَكِنَّهُ دَاءٌ.
Dari 'Alqamah bin Waail dari ayahnya Waail Al Hadlramiy bahwa Thariq bin Suwaid Al-Ju'fiy pernah bertanya kepada Nabi SAW mengenai khamr, maka beliau pun melarangnya atau benci membuatnya”. Lalu dia berkata, "Saya membuatnya hanya untuk obat”. Maka beliau bersabda, "Khamr itu bukanlah obat, akan tetapi ia adalah penyakit". [HR. Muslim No. 1984]

Pendapat Kedua : Boleh berobat dengan sesuatu yang Haram,  Ini adalah pendapat Abu Hanifah Rahimahullahu .
Syaikhul Islam mengatakan bahwa yang berpendapat tentang bolehnya berobat dengan sesuatu yang haram, mereka mengqiyas dengan bolehnya memakan bangkai dalam keadaan terpaksa. Dan ini adalah Qiyas yang lemah, karena tidak ada hukum darurat dalam pengobatan. Silahkan baca catatan kami disini
Maka pendapat yang benar adalah pendapat yang pertama, tidak bolehnya berobat dengan sesuatu yang Haram. Wallahu A’lam
Sumber : Minhatul Hamied, Kholid bin Abdullah Ad-Dubainy

Fatwa-Fatwa Ulama Masa Kini Tentang

Hukum Berobat Dengan Sesuatu Yang Haram


Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullahu

يصف بعض الناس في منطقتهم دواء لكنه نجس، واستعمله البعض فعوفي ولاسيما أولئك الذين لهم حبيبات في وجوههم، ويسأل عن التوجيه لو تكرمتم
---------
هذا لا يجوز ، التداوي بالحرام والنجاسات أمرٌ منكر لا يجوز ؛ لأن الرسول عليه الصلاة والسلام قال: (عباد الله: تداووا ولا تداووا بحرام) . وقال: (إن الله لم يجعل شفاءكم فيما حرم عليكم) . وسأله رجل عن الخمر يصنعها للدواء فقال: (إنها ليست في دواء ولكنها داء) . فلا يجوز لمسلم ولا لمسلمة أن يتداووا بالحرام لا من أبوال ولا من العذرة ولا من الدماء ولا من سائر النجاسات ، فالدواء يكون بالمباح والطاهر ، وعلى من أصيب بشيء من الدواء يسأل أهل الخبرة من الأطباء ، وأهل الاختصاص ، فالله - جل وعلا- ما أنزل داءً إلا أنزل له شفاء كما قاله النبي - صلى الله عليه وسلم -، فيلتمس من أهل الطب من يعرف داءه حتى يعطيه الدواء المناسب ، ولا ييئس ، ولا يعمل بما يغضب الله عليه - جل وعلا -، ولكن يتصبر ويتحمل حتى يسهل الله له الشفاء ، أما التساهل مع الناس ، والأخذ بما يقوله الناس من الرخص الباطلة التي لا أساس لها هذا لا يجوز ، وليس العامة قدوة في هذه الأمور إذا فعلوا الأدوية الرديئة النجسة المحرمة ، هؤلاء ليسوا بقدوة ولا يجوز تقليدهم في ذلك ولا متابعتهم في ذلك - والله المستعان-.

Sumber : http://binbaz.org.sa/mat/11182



Fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullahu

Bisa didengar dibawah ini




Fatwa Syaikh Abdul Muhsin Al-Abaad Hafidzhahullahu

السؤال: هل يجوز التداوي بالحرام للضرورة كما يجوز أكل الميتة للمضطر؟

الجواب: هذا ليس من هذا القبيل؛ لأن الاضطرار للميتة يكون من أجل إنقاذ الحياة، فالأكل منها به قوام البدن، وأما المريض فلا يستعمل الدواء المحرم حتى ولو جرب أنه فيه شفاء، وإنما يبحث عن أدوية طيبة.
Sumber : http://audio.islamweb.net/audio/index.php?page=FullContent&audioid=172998


Tidak ada komentar:

Posting Komentar