Terkait
dengan Hukum berobat dengan sesuatu yang haram seperti Khamr, Daging
Babi, dan semisalnya maka ada dua pendapat
Pendapat
Pertama : Haram
berobat dengan Khamr , Ini adalah pendapat Imam Malik, Imam Ahmad, Satu
sisi dari Madzhab Asy-Syafiiyah, Juga pendapat Asy-Syinqithiy dan Ibnu Baaz , Ibnu Utsaimin Rahimahumullahu . Berdasarkan Sabda Rasulullah
Shalallahu alaihi Wassallam :
إن الله لم يجعل
شفاء أمتي فيما حرم عليهم
“Sesungguhnya Allah tidak
menjadikan kesembuhan umatku pada hal-hal yang diharamkan atas mereka” (HR. Ibnu
Hibban, Al-Baihaqi dari Ummu Salamah Radhiyallahu anha)
Dan juga datang dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu
anhu ucapan yang semisal hadits ini dengan sanad yang shohih sebagaimana dikatakan
oleh Ibnu Hajar Rahimahullahu dalam At-Talkhisul Khobir (4/207)
Berdalil juga dengan hadits Wa’il Al-Hadromi Radhiyallahu anhu :
عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ اَبِيْهِ وَائِلٍ اْلحَضْرَمِيّ اَنَّ طَارِقَ بْنَ سُوَيْدٍ اْلجُعْفِيَّ سَأَلَ النَّبِيَّ ص عَنْ اْلخَمْرِ فَنَهَاهُ اَوْ كَرِهَ اَنْ يَصْنَعَهَا فَقَالَ: اِنَّمَا اَصْنَعُهَا لِلدَّوَاءِ. فَقَالَ: اِنَّهُ لَيْسَ بِدَوَاءٍ وَلَكِنَّهُ دَاءٌ.
Dari
'Alqamah bin Waail dari ayahnya Waail Al Hadlramiy bahwa Thariq bin Suwaid
Al-Ju'fiy pernah bertanya kepada Nabi SAW mengenai khamr, maka beliau pun
melarangnya atau benci membuatnya”. Lalu dia berkata, "Saya membuatnya
hanya untuk obat”. Maka beliau bersabda, "Khamr itu bukanlah obat, akan
tetapi ia adalah penyakit". [HR.
Muslim No. 1984]
Pendapat
Kedua : Boleh
berobat dengan sesuatu yang Haram, Ini
adalah pendapat Abu Hanifah Rahimahullahu .
Syaikhul Islam mengatakan bahwa yang berpendapat tentang
bolehnya berobat dengan sesuatu yang haram, mereka mengqiyas dengan bolehnya
memakan bangkai dalam keadaan terpaksa. Dan ini adalah Qiyas yang lemah,
karena tidak ada hukum darurat dalam pengobatan. Silahkan baca catatan kami disini
Maka pendapat yang benar adalah pendapat yang pertama, tidak
bolehnya berobat dengan sesuatu yang Haram. Wallahu A’lam
Sumber : Minhatul Hamied, Kholid bin Abdullah
Ad-Dubainy
Fatwa-Fatwa Ulama Masa Kini Tentang
Hukum Berobat Dengan Sesuatu Yang Haram
Fatwa
Syaikh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullahu
يصف بعض الناس في
منطقتهم دواء لكنه نجس، واستعمله البعض فعوفي ولاسيما أولئك الذين لهم حبيبات في
وجوههم، ويسأل عن التوجيه لو تكرمتم
---------
هذا
لا يجوز ، التداوي بالحرام والنجاسات أمرٌ منكر لا يجوز ؛ لأن الرسول عليه الصلاة
والسلام قال: (عباد الله: تداووا ولا تداووا بحرام) . وقال: (إن الله لم يجعل
شفاءكم فيما حرم عليكم) . وسأله رجل عن الخمر يصنعها للدواء فقال: (إنها ليست في
دواء ولكنها داء) . فلا يجوز لمسلم ولا لمسلمة أن يتداووا بالحرام لا من أبوال ولا
من العذرة ولا من الدماء ولا من سائر النجاسات ، فالدواء يكون بالمباح والطاهر ،
وعلى من أصيب بشيء من الدواء يسأل أهل الخبرة من الأطباء ، وأهل الاختصاص ، فالله
- جل وعلا- ما أنزل داءً إلا أنزل له شفاء كما قاله النبي - صلى الله عليه وسلم -،
فيلتمس من أهل الطب من يعرف داءه حتى يعطيه الدواء المناسب ، ولا ييئس ، ولا يعمل
بما يغضب الله عليه - جل وعلا -، ولكن يتصبر ويتحمل حتى يسهل الله له الشفاء ، أما
التساهل مع الناس ، والأخذ بما يقوله الناس من الرخص الباطلة التي لا أساس لها هذا
لا يجوز ، وليس العامة قدوة في هذه الأمور إذا فعلوا الأدوية الرديئة النجسة
المحرمة ، هؤلاء ليسوا بقدوة ولا يجوز تقليدهم في ذلك ولا متابعتهم في ذلك - والله
المستعان-.
Sumber : http://binbaz.org.sa/mat/11182
Fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullahu
Bisa didengar dibawah ini
Fatwa Syaikh Abdul Muhsin Al-Abaad Hafidzhahullahu
|
Sumber : http://audio.islamweb.net/audio/index.php?page=FullContent&audioid=172998
Tidak ada komentar:
Posting Komentar