Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu setan-setan, sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alahi wassallam dalam hadits Abu Hurairah Rhadiyallahu' anhu :



إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ


Artinya : 'Apabila bulan Ramadhan datang, maka pintu-pintu langit (dalam satu riwayat: pintu-pintu surga) dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dirantai." (HR. Bukhori 1899 Muslim 1079)


Barangsiapa yang berpuasa di Bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Sebagaimana dalam hadits Abu Hurairah Rhadiyallahu’ anhu :


وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


Artinya : “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala Allah ta’ala, akan diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhori No. 1901 Muslim No. 760 )


Umroh di bulan Ramadhan setara dengan Ibadah Haji, sebagaimana dalam Hadits Ibnu Abbas, Rasulullah Shalallahu 'alahi wassallam berkata kepada seorang wanita :


فإذا جاء رمضان فاعتمر فإن عمرة فيه تعدل حجة


Artinya : “ Apabila tiba Bulan Ramadhan, berumrohlah. Karena sesungguhnya umroh pada bulan itu setara dengan haji ” (HR. Muslim No. 1256)


Pada bulan Ramadhan terdapat malam Laialatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana dalam firman Allah :


إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ﴿١﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ﴿٢﴾ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ ﴿٣﴾ تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ ﴿٤﴾ سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ﴿٥﴾


Artinya : “ Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) keselamatan hingga terbit fajar. (QS. Al-Qadr 1-5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar