Menyambut Ramadhan

بِسْمِ اللهِ الْرَّحمَنِ الْرَّحَيمِ


Rubrik ini aslinya adalah risalah ringkas kami tentang perkara-perkara yang terkait dengan Bulan Ramadhan, dengan tambahan sedikit mengenai bulan Sya’ban dan juga permasalahan Iedul Fitri yang notabene berada di ujung bulan Ramadhan. Kemudian kami pisah-pisah menjadi beberapa artikel.


Kami berusaha sebisa mungkin menjadikannya ringkas dan padat, dengan tujuan agar mudah dipahami  walaupun tentunya tetap tidak meninggalkan sisi kelilmiahan sebuah risalah.


Sebagaimana sesuatu yang sudah tidak asing lagi bahwa permasalahan fiqih tidak akan pernah lepas dari perbedaan pendapat di kalangan ulama. Dan dalam risalah ini tidak kami bahas secara lebar perbedaan pendapat tersebut, akan tetapi langsung kami nukil pendapat yang menurut kami adalah pendapat yang kuat dalam permasalahan tersebut . Hal ini untuk menghindari risalah ini menjadi risalah yang tebal dan rumit.


Mudah-mudahan Allah berikan keberkahan pada rubrik ini dan juga semoga dapat dimaklumi apabila terdapat kesalahan-kesalahan dan kelemahan. Pertama karena kami adalah seorang manusia biasa dan yang kedua kami hanya seorang penuntut ilmu kecil bukan seorang ustadz apalagi seorang ulama .


Wallahu’ a’lam


Sumber Catatan :


Ithaful Anam Fi Ahkamis Shiyam, Syaikh Muhmmad Bin Hizam


Fathul Alam Syarah Bulughul Marom, Syaikh Muhmmad Bin Hizam


Ta’liqot ala Umdahtul Ahkam, Syaikh Zayyid Al-Wushobi


Al-Ilmam bi Ahkamis Shiyam,  Ummu Bilal Al-Adaniyah


Tsalasuuna darsan fi Ramadhan, Syaikh Faishol Al-Hasyidi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar