Kumpulan Hadits lemah dan Palsu No 1 dan 2

HADITS PERTAMA


أبغض الحلال إلى الله تعالى الطلاق


“Perkara Halal yang paling dibenci Allah adalah Thalaq”



Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : “(Hadits) Lemah,  Dikeluarkan oleh Abu Dawud (218) dari Ibnu Umar Rhadiyallahu’ anhudari Nabi Shalallahu Alaihi Wassallam “ (Al-Irwa’ul Ghalil no. 2040 dengan ringkasan)


Berkata Al-Allamah Muqbil bin Hady Al-Wadi'i Rahimahullah : “ Dan terkadang pada sebagian hadits, hati tidak merasa tenang untuk menshahihkannya, seperti hadits : “Perkara Halal yang paling dibenci Allah adalah Thalaq”  (Ijabatus Sa’il hal. 567)



HADITS KEDUA


اختلاف أمتي رحمة


“Perbedaan di kalangan umatku adalah rahmat”



Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : “Tidak ada asalnya, dan sungguh para ahli hadits telah berusaha untuk mendapatkan sanadnya maka mereka tidak menemukannya ”


Beliau kemudian menukil ucapan Ibnu Hazm Rahimahullah dalam Al-Ihkam fi Ushulil ahkam (5/64) setelah ibnu Hazm Rahimahullah mengisyaratkan bahwa ucapan ini bukanlah hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassallam : “ Dan ini adalah termasuk dari ucapan yang paling rusak, karena apabila perselisihan adalah rahmat maka sesungguhnya kesepakatan adalah kemarahan (Allah)” ( Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah no. 57 dengan ringkasan)


Berkata Al-Allamah Muqbil bin Hady Al-Wadi'I Rahimahullah : “ Adapun hadits “Perpecahan di kalangan umatku adalah rahmat” maka hadits ini tidak memiliki sanad (jalur periwayatan)” (Ijabatus Sa’il hal. 519)


Lihat juga ucapan beliau dalam Al-Muqtaroh (Hal. 14 dan 29) dan dan beliau berkata pula dalam Maqtul Jamilurrahman (hal 22) : “Batil “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar