Hukum yang berkaitan dengan buka puasa

Dan termasuk dari sunnah Rasulullah Shalallahu 'alahi wassallam adalah menyegerakan berbuka apabila telah yakin bahwa Matahari telah tenggelam dan tidak menundanya. Sebagaimana dalam hadits Sahl bin sa’ad Rhadiyallahu' anhu , Rasulullah Shalallahu 'alahi wassallam bersabda :


لآ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ


Artinya : “ Manusia itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhori 1957 dan Muslim 1098)


Dan disunnahkan ketika berbuka puasa membaca doa :


ذهب الظمأ و ابتلت العروق و ثبت الأجر إن شاء الله


Artinya : ” Telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat, dan telah ditetapkan pahala Insya Allah"


(Hadits Ibnu Umar Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan An-Nasa’i. Hadits ini dilemahkan oleh sebagian ulama. Dan dihasankan oleh Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah . Silahkan merujuk Al-Irwaul Ghalil No. 920 dan Shohih Sunan Abi Dawud No. 2066)


Disunnahkan berbuka puasa dengan kurma sebagaimana hadits yang datang dari Anas bin Malik Radhiyallahu' anhu yang Dikeluarkan oleh Imam Ahmad (3/164) :


كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يفطر على رطبات قبل أن يصلي فإن لم تكن رطبات فعلى تمرات فإن لم تكن حسا حسوات من ماء


Artinya : “Rasulullah Shalallahu 'alahi wassallam berbuka dengan kurma muda sebelum beliau sholat maghrib, apabila tidak ada kurma muda, maka dengan kurma, apabila tidak ada kurma maka beliau meneguk beberapa tegukan air” (Hadits ini dihasankan oleh Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah dalam Al-Irwaul Ghalil No. 922 juga dihasankan oleh Al-Allamah Muqbil bin Hady Al-Wadi'i dalam Jami’us shohih 2/419)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar