Kumpulan Hadits lemah dan palsu No. 36-40

HADITS KE TIGA PULUH ENAM


تسعة أعشار الرزق فى التجارة والجزء الباقى فى المواشى


“Sembilan puluh persen rejeki terdapat dalam perdagangan dan sisanya terdapat dalam perternakan”


Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) Lemah,  Diriwayatkan oleh Abu Ubaid dalam Al-Gharib (2/52) dari Abdurrahman Al-Azdi secara marfu . Aku katakan (Al-Albani) : “Dan sanad ini lemah disebabkan Mursal” (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah 3402 dengan ringkasan)



HADITS KE TIGA PULUH TUJUH


في لفظ " الجمعة حج المساكين" الجمعة حج الفقراء


“Sholat Jum’at adalah hajinya orang-orang fakir “ dan dalam lafadz yang lain “ Sholat Jun;at adalah hajinya orang-orang miskin”


Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) Palsu. Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Akhbar Ashbahan (2/190) dan Al-Qodho’I (791) seluruhnya disandarkan dari Ibnu Abbas Rhadiyallahu’ anhuma. (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah No. 191dengan ringkasan, lihat pula No. 192)



HADITS KETIGA PULUH DELAPAN


الجمعة واجبة على خمسين رجلا وليس على من دون الخمسين جمعة


Sholat Jum’at wajib atas 50 orang pria dan tidak wajib apabila kurang darinya”


Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) Palsu. Diriwayatkan oleh At-Thabrani dalam Al-Mu’jamul Kabir (7952) Ibnu Adi (2/53) dan Ad-Daruquthni (164) disandarkan dari Abu Umamah Radhiyallahu' anhu secara marfu (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah No. 1203 dengan ringkasan),


Silahakan merujuk lihat pula Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah No. 1204 [1]


HADITS KETIGA PULUH SEMBILAN


حب الوطن من الإيمان


“Cinta Negara adalah bagian dari Iman”


Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) Palsu, sebagimana dikatakan oleh As-Shaghani (hal. 7) dan selainnya. Dan maknanya tidak lurus (tepat) (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah No. 36 dengan ringkasan)


Berkata Al-Allamah Muqbil bin Hady Al-Wadi'i : “Hadits ini tidak tsabit dari Rasulullah Shalallahu ‘alahi wassallam” (Al-Muqtaroh hal. 14)



HADITS KE EMPAT PULUH


الحجر الأسود يمين الله فى الأرض يصافح بها عباده


“Hajar Aswad adalah tangan kanan Allah di bumi, dengannya dia menyalami hamba-hambanya”


Berkata Al-Allamah Al-Albani Rahimahullah : (Hadits) Mungkar, Dikeluarkan oleh Abu Bakar bin Khalad dalam Al-Fawa’id dan Ibnu Adi (2/17) disandarkan dari Jabir dari Nabi Shalallahu ‘alahi wassallam (Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhoi’fah no. 223 dengan ringkasan)






[1] Sholat Jum’at sah dengan jumlah sahnya sholat Jama’ah ,yakni maknanya sholat Jum’at harus ditegakkan walaupun dengan dua orang saja. Satu menjadi Imam dan satu menjadi Ma’mum, Ini adalah pendapat As-Syaukani, As-Shon’ani, Ibnu Hazm, Al-Albani, dan Syaikh Yahya. (Lihat Ahkamul Jum’at)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar